Panadol – Obat sakit kepala

Panadol biru adalah obat sakit kepala yang telah dipercaya oleh masyakarat Indonesia selama bertahun-tahun. Tidak hanya sakit kepala, namun Panadol juga dapat mengurangi demam.

Panadol adalah obat jenis parasetamol yang di-produksi oleh GlaxoSmithKline (GSK) di tahun 1955. Parasetamol adalah jenis obat untuk meringankan sakit kepala, demam dan pegal ringan. Awalnya dikenalkan di suatu rumah sakit di Inggris sebelum akhirnya dijual bebas ke pasaran sebagai obat bebas. Panadol mempunyai manfaat untuk meringankan rasa sakit, seperti sakit kepala, sakit gigi, sakit otot, dan menurunkan demam yang menyertai flu/influensa dan demam .

Panadol biru merupakan parasetamol dengan dosis 500 mg, aman dikonsumsi jika menderita demam atau sakit kepala. Namun, jika demam dan sakit kepala tidak kunjung reda dalam 2 atau 3 hari, disarankan untuk menemui dokter. Dokter biasanya juga menyarankan Panadol untuk meredakan demam dan sakit kepala yang diderita.

Hati-hati dalam mengkonsumsi Panadol, karena parasetamol dapat menyebabkan ketagihan. Beberapa kasus medis di sejumlah negara ditemukan orang-orang yang ketagihan obat pereda sakit kepala. Mereka mengaku saat stress melanda selalu mengkonsumsi obat tersebut. Jika terlalu sering mengkonsumsi, akan merusak fungsi ginjal. Di dalam kemasan Panadol juga dituli peringatan sebagai berikut:
- Penggunaan dosis tinggi dapat menyebabkan kerusakan hati.
- Hati-hati pemberian obat ini pada penderita penyakit ginjal.
- Penggunaan obat ini pada penderita yang mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan resiko kerusakan fungsi hati.

Efek Samping
Efek samping mengkonsumsi Panadol berbeda di tiap orang, namun dalam kemasannya tertera dapat menyebabkan hipersensitifitas. Hipersensitifitas adalah alergi, dapat terjadi alergi di kulit yang menimbulkan bercak kemerahan atau gatal-gatal.

Panadol Biru Untuk Ibu Hamil
Dokter kandungan menyarankan Panadol Biru untuk ibu hamil yang menderita demam atau sakit kepala. Namun ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi dengan resep dan saran dokter. Dan tidak disarankan mengkonsumsinya berlebihan. Sakit kepala pada ibu hamil adalah gejala yang biasa terjadi karena perubahan hormon. Sakit kepala ini bisa diatasi tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan, yaitu dengan istirahat, mengkompres daerah yang sakit dengat handuk hangat, dan pijatan.

Kemasan Panadol Biru
Kemasannya berbentuk persegi panjang dengan 10 butir tablet di sekelilingnya, ada 4 di bagian atas dan bawah dan 1 tablet di sisi kanan dan 1 di sisi kiri. Di bagian tengah terdapat logo berwarna merah.

Harga Panadol
Harga di Jakarta dan pulau Jawa per Desember 2012 adalah sekitar 4,900 – 5,300 rupiah

Aturan Pakai
Panadol untuk konsumsi dewasa adalah sehari 3-4 kali, dengan pemakaian maksimal 8 tablet per hari. Namun lebih baik dengan saran dokter.

Produksi
GlaxoSmithKline
PT Sterling Products Indonesia
Bogor, Indonesia.

Rate this article!

author

Author: 

Related Posts

One Response

  1. author

    LindJune 6, 2013 at 3:27 amReply

    Kalo udah minum 2 biji panadol gpp ? Dalam waktu ga sampe 5 menit.

Leave a Reply