Deterjen Khusus Batik – Attack Batik Cleaner

Deterjen khusus batik akhirnya dirilis oleh deterjen Attack, produksi Kao, dengan merk Attack Batik Cleaner

Mencuci batik memang harus berhati-hati. Terlebih jika mempunyai batik yang langka, seperti Semarangan atau Minangkabau. Belum lagi harus mencuci batik yang umurnya cukup tua yang diwariskan turun temurun. Lerak adalah deterjen khusus batik tradisional, namun tinggal di kota besar seperti Jakarta sulit menemukan Lerak. Oleh karena itu, banyak orang yang mencuci batiknya dengan sabun mandi. Deterjen khusus batik Attack ini sangat direkomendasikan untuk mencuci kain asal Indonesia ini. Kelembutannya nyaris sama dengan Lerak.

Attack Batik Cleaner adalah sabun cair yang diciptakan khusus untuk mencuci batik dan bahan halus lainnya. Kandungan pembersihnya berasal dari bahan alami sehingga warna tidak mudah pudar dan memberikan wangi yang segar dan natural. Demikian penjelasan di balik kemasannya.

Kemasan deterjen khusus batik Attack hanya botol kecil berwarna merah muda dengan corak batik. Bentuknya seperti botol sabun cair pencuci piring.

 

Tips mencuci batik dengan sabun cair khusus Attack

1. Jangan mencampur batik dengan pakaian biasa.

2. Pisahkan antara batik baru dan lama. Biasanya batik baru cenderung akan luntur.

3. Hindari memakai deterjen pakaian biasa, gunakan deterjen khusus batik Attack. Larutkan 2 sendok teh Attack ke dalam 2 liter air untuk sepotong kain batik panjang. Jika ada noda di kain tersebut, oleskan sedikit deterjen khusus ini.

4. Jangan disikat, diperas, dan dikucek dengan keras. Rendam dan kuceklah dengan lembut.

5. Setelah dibilas di air bersih, jemurlah tanpa dilipat dan hindari kontak dengan matahari langsung

 

 

 

Berat bersih netto Attack Batik Cleaner adalah 230 ml

 

Campuran dan isi deterjen Attack Batik Cleaner terdiri atas 13.9% Lauryl Ether Sulfate dan 3% Alkyl Polyglucoside

 

Harga Attack Batik Cleaner adalah 20,000 rupiah

 

Membeli deterjen khusus ini dapat dibeli di supermarket tertentu saja. Sejauh ini hanya di supermarket besar atau premium. Sangat jarang ditemukan di minimarket.

 

Untuk mencuci kemeja atau dress batik dengan deterjen cair Attack ini cukup memuaskan. Tidak membuat luntur atau merusak desain batik atau corak batik. Untuk kain sutera juga memuaskan. Namun untuk kain yang umurnya sudah cukup tua, lebih baik memilih memakai deterjen tradisional saja.

Intinya, tidak ada salahnya mempunyai deterjen khusus batik Attack ini !

author

Author: 

Related Posts